BANTEN,,, A little piece of heaven…

Banten punya

BANTEN, semua orang pasti sudah mengenal nama yang satu ini, Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung barat pulau jawa. Wilayah ini memiliki berbagai macam keragaman budaya didalamnya.

Dibawah ini adalah beberapa contoh wisata yang terdapat di banten.

  • Wisata Alam

Pantai

pantai-anyer

Pantai Anyer adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling ramai dan populer, berlokasi di Kabupatan Serang, Banten. Pantai Anyer adalah pantai yang memiliki pasir putih yang indah dan menarik. Dinamakan Pantai Anyer karena pantai ini berada di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten. Aktifitas yang dapat anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut yang nikmat di pinggir pantai.

Wisata-Pantai-Carita

Pantai Carita yang terletak di pesisir barat Provinsi Banten, Kab. Pandeglang ini adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Hal menarik dari Pantai Carita adalah bisa melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Seperti halnya yang ada pad kawasan wisata populer lainnya, tentunya Di daerah Pantai Carita juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap, jadi anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang cukup langkap di Pantai Carita ini.

Tanjung-Lesung

Tanjung Lesung adalah nama sebuah kawasan pantai yang eksklusif dan terawat di ujung barat Pulau Jawa, kawasan ini memiliki pantai yang masih asri dan bersih dengan pasir putihnya Tanjung Lesung adalah pantai terbaik di Jawa Barat menurut saya. Kegiatan yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung yaitu bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan menginap di villa yang sangat bagus. Apabila anda datang pada musim hujan, berhati-hatilah karena ombak di Tanjung Lesung cukup besar.

Pantai-Sawarna

Pantai Sawarna merupakan kawasan wisata pantai di selatan Banten yang tergolong baru. Pantai Sawarna ramai dikunjungi wisatawan berkat promosi yang ada di internet. Setiap harinya, Pantai Sawarna dikunjungi oleh ratusan orang, baik yang dari sekitar Jawa Barat, hingga yang dari luar negeri. Biasanya wisatawan luar negeri datang ke Pantai Sawarna untuk berselancar karena Pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar. Sekarang ini sudah banyak penginapan di sekitar Pantai Sawarna jadi sangat mudah berwisata di Pantai Sawarna.

karang bolong

Pantai Karang Bolong berlokasi di kota Serang, Banten, dekat dengan Pantai Anyer. Pantai Karang Bolong adalah pantai yang sangat unik. Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah pantai yang berada di dalam sebuah karang yang bolong karena hempasan ombak. Anda tidak dapat berenang di Pantai Karang Bolong karena banyak karang di lokasi ini sehingga dapat membahayakan anda. Pantai Karang Bolong adalah salah satu pantai yang paling unik.

pulorida

Pantai Pulorida adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari Pelabuhan Merak. Berkat kemiripan namanya dengan Pantai Florida di Amerika, pantai ini sempat menjadi primadona turis mancanegara. Di pantai ini banyak keunikan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, bukan hanya namanya yang mirip dengan pantai yang cukup terkenal di Amerika. Namun, pantai ini juga banyak menyimpan hal lainnya yang dapat menarik wisatawan untuk berwisata di tempat itu, salah satunya yakni Pulau Temposo, pasir putih yang bersih dan suasana sejuk yang menyelimutinya.

Pantai-Bagedur

Pantai Bagedur adalah sebuah tempat wisata di Banten yang terletak di Kecamatan Malingping, Rangkasbitung. Bagi anda yang bukan penduduk Banten, mungkin baru pertama kali mendengar nama Pantai Bagedur, wajar saja memang Pantai Bagedur tidak begitu populer, namun bagi warga Banten, tempat ini sudah tidak asing lagi karena pantai ini masih asri. Dengan pantai yang cukup luas dan pasirnya yang berwarna coklat, Pantai Bagedur mendapatkan banyak pengunjung setiap harinya. Karena pasirnya yang berkarakter padat, pasir pantai ini dapat dilewati oleh kendaraan bermotor.

Pulau

pulau sangiang

Pulau Sangiang adalah sebuah pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Pulau Sangiang dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari Pantai Anyer. Pulau Sangiang adalah milik swasta dan sepenuhnya dikembangkan menjadi sebuah kawasan wisata oleh pihak swasta tersebut. Jenis wisata yang dapat anda nikmati di pulau dengan luas ini adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, dan wisata alam. Kegiatan yang dapat anda lakukan di Pulau Sangiang adalah bersepeda, mendaki gunung, berkemah, menyelam, memancing, berjemur di pantai, hingga menikmati sisa perang dunia berupa benteng Jepang.

pulau tunda

Pulau Tunda adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Keindahan pantai dan lautnya belum dieksplore lebih jauh, sehingga masih begitu alami. Padahal kegiatan berlayar dengan pemandangan laut dan lumba-lumba, memancing, snorkeling, diving, melihat sunset dan sunrise adalah potensi wisata yang menarik. Namun, hanya sedikit investor yang melakukan investasi atau melakukan kegiatan usaha industri pariwisata di Pulau Tunda. Sehingga pemerintah daerah harus terus menggali potensi menarik ini yang belum terjamah.

pulau umang

Pulau Umang berlokasi dekat dengan Tanjung Lesung, Banten. Pulau Umang adalah pulau dengan luas sekitar 5 hektar dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Fasilitas yang dimiliki Pulau Umang sangat lengkap, mulai dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, snorkling, dan lain-lain.

pulau-dua

Pulau Dua atau Pulau Burung, adalah cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di lepas pantai Banten. Seperti namanya, pulau ini dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah besar. Sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

Gunung

KRA

Gunung Krakatau adalah gunung berapi yang pernah meletus dengan hebat dan berdampak tidak hanya kepada Indonesia, namun juga mancanegara. Sekarang ini, Gunung Krakatau adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling disukai pendaki gunung. Kegiatan utama dan paling favorit di sini adalah mendaki Gunung Krakatau dan menikmati keindahan alam disekitarnya.

pulosari

Gunung Pulosari adalah gunung berapi di Kabupaten Pandeglang, Banten. Walaupun tidak ada data letusan yang pernah terjadi, tapi terdapat aktivitas fumarol yang terjadi di dinding kaldera dengan kedalaman 300 meter. Diperkirakan Gunung Pulosari adalah tempat kramat Kerajaan Sunda, yang pernah ada antara tahun 932 dan 1030 di bagian utara provinsi Banten sekarang. Di gunung Pulosari ini terdapat wisata air terjun yang diberi nama ‘Curug Putri’.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Gunung Karang terletak di Pandeglang, Banten. Gunung ini masuk kedalam kelompok Stratovolcano yang memiliki potensi meletus. Gunung Karang memiliki ketinggian 1778 Mdpl dengan Puncaknya yang bernama Sumur Tujuh. Gunung Karang saat ini telah dilirik oleh banyak orang untuk melakukan kegiatan pendakian, walau gunung ini terbilang tidak terlalu tinggi namun tantangan dalam menyusuri jalan menuju puncak menjadi tantangan tersendiri. Pada umumnya jalur pendakian Gunung Karang

gn.batu lawang

Gunung Batu Lawang merupakan tujuan wisata favorit bagi warga Cilegon bahkan Banten karena udaranya masih segar. Sejauh mata memandang, tampak hamparan pohon yang hijau rimbun di perbukitan dan bila kita melihat ke arah bawah lembah terlihat panorama keindahan kota Cilegon, serta kawasan industri di sepanjang bibir pantai. Mata semakin dimajakan dengan suguhan birunya laut Selat Sunda yang dipenuhi kapal-kapal ke pelabuhan Merak ataupun yang akan menuju Bakauheni. Tentu juga perahu para nelayan yang sedang mencari ikan di laut.

Gunung Batu Lawang dinamai demikian karena terdapat sebuah batu berbentuk seperti kodok berukuran besar dan berada di puncak gunung yang membelah dua gunung, yaitu Gunung Batur dan Gunung Gede. Kedua gunung ini merupakan perbatasan antara Merak dengan Bojonegara, tepatnya terletak di Gunung Pengobelan. Karena lokasinya yang membelah kedua jalan Gunung Batur dan Gunung Gede, akhirnya tempat ini diberi nama Batu Lawang yang berarti batu yang sangat besar yang yang dijadikan sebagai pintu atau lawang (dalam bahasa Jawa).

43885644

padarincang mempunyai beberapa tempat wisata yang cukup indah untuk berrekreasi ataupun menenangkan diri, diantaranya curug ci gumawang, pemandian air panas batoe kuwung, pemandian air bening di cirahab namun tak kalah menarik dan indah dari jurug cigumawang yaitu curug sahrun memang orang padarincang sendirI belum banyak yang tahu, jurug sahrun terletak di kampung cikotak yaitu wilayah Desa Kadubeureum. pertanian di padarincang pun lumayan terhitung bagus seperti di kampung kaduwakap,cibojong dan untuk perkebunanya seperti di curug dahu,citasuk dan sekitarnya sangt bagus. dan tidak cuma tempat wisata dan pertanianya saja, berbagai lembaga pendidikan pun sangat kental, baik religious, social dan banyak lagi lembaga2 pendidikan yang lumayan cukup baik.

  • Wisata buatan

Rekreasi

cikole

Tempat wisata Cikole Pandeglang atau yang lebih dikenal dengan nama Cas water park merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Banten khususnya Pandeglang karena lokasinya yang strategis. Hal ini karena tempat wisata ini terletak di tengah kota Pandeglang dan dapat anda tempuh sekitar 10 menit dari alun-alun kota. Sehingga tak heran jika tempat rekreasi ini menjadi alternatif pilihan banyak orang khususnya untuk warga Pandeglang dan sekitarnya untuk berekreasi bersama keluarga. Selain itu, tiket untuk masuk kawasan ini pun relatif terjangkau sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat wisata anda bersama keluarga.

PEMANDIAN-ALAM-CIKOROMOY

Pemandangan kota Pandeglang dalam perjalanan menuju Pemandian Cikoromoy dengan latar belakang pegunungan yang indah. Pemandian Cikoromoy adalah tempat pemandian sederhana yang dikelilingi oleh warung lesehan.

Pemandian Wisata Cikoromoy dan Batu Quran tempat pemandian yang sangat sederhana yang disekitarnya, dikelilingi oleh warung warung lesehan yang menjajakan makanan dari hasil tangkap ikan air tawar seperti ikan bakar, ikan goreng dll. Pemandian Cikoromoy dan Batu Quran ini tempatnya sangat berdekatan kira-kira 500m dari pemandian cikoromoy letaknya yang sangat strategis memiliki lahan parkiran yang luas letaknya berada di Wilayah kaki pegunungan.

rawadano-di-banten

Terletak di Kabupaten Serang, Rawa Dano adalah salah satu tempat wisata di Banten yang menawarkan keindahan alam. Rawa Dano sesuai dengan namanya, adalah kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan hutan. Di tempat seluas kurang lebih 2,500 hektar ini, banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal. Menurut cerita, dulunya Rawa Dano adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lalu berubah menjadi sebuah danau yang di atasnya terdapat rawa-rawa.

water world citra raya

World Of Wonders (WOW) merupakan salah satu Theme Park yang terletakdi Perumahan Citra Raya, Cikupa, Kabupaten Tangerang. Citra Raya merupakan perumahan yang dibangun oleh pengembang Ciputra Group. Selain theme park World of Wonders, Citra Raya juga membangun Citra Raya Water World sebagai sarana permainan air. World of Wonders merupakan wahana hiburan dan pendidikan keluarga. Dalam area WOW terdapat miniatur 7 kejaiban dunia seperti : Stonehenge, Colosseum, Sphinx Agung, Tembok Raksasa Cina, Candi Borobodur, Candi Prambanan, Piramida Mesir, dan Menara Miring Pisa.

wulandira

Taman wisata Wulandira berlokasi di Serang, Banten memiliki beragam fasilitas sebagai wahana liburan keluarga. Beberapa diantaranya adalah Sepeda air, kereta mini, area perkemahan, outbond dan arena permainan anak.

  • Wisata Budaya

Kesenian

baduy

Banten, selain terkenal akan wisata alam dan pantainya, juga populer dengan wisata budaya ke suku Baduy. Mau mengenal lebih dalam mengenai keunikan adat istiadat suku ini? Yuk, kita simak bersama kebiasaan unik mereka!

Asal-usul kata suku ini, yaitu Baduy, sebenarnya berasal dari kata Badawi atau Bedoin yang diberikan oleh seorang peneliti Belanda. Namun, karena aksen warga setempat, kata tersebut pada akhirnya bergeser menjadi kata Baduy. Untuk mencapai ke kampung Baduy yang terletak sekitar 40 km dari Rangkas Bitung, Banten, kalian dianjurkan untuk menaiki bus atau kereta api saja dan berhenti di kabupaten Rangkas Bitung. Dari sana, kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Ciboleger, yang merupakan pintu masuk untuk menuju kampung Baduy.

debus

Debus merupakan kesenian bela diri dari Banten yang mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa. Misalnya kebal senjata tajam, kebal air keras dan lain- lain. Debus dalam bahasa Arab berarti tongkat besi dengan ujung runcing berhulu bundar. Bagi sebagian masyarakat awam kesenian Debus memang terbilang sangat ekstrim. Pada masa sekarang Debus sebagai seni beladiri yang banyak dipertontonkan untuk acara kebudayaan ataupun upacara adat.

rampak bedug

Rampak bedug adalah sebuah tradisi warisan masa lalu yang muncul di Banten, tepatnya di Pandeglang. Sebuah kota yang memiliki banyak sejarah dan tempat awal lahirnya kerajaan Sunda pertama.

Rampak bedug sendiri berasal dari kata rampak atau kompak. Kompak atau sama pukulannya dan juga gerakannya. Konon dahulu kala sebelum munculnya bedug, sarana untuk menandakan datangnya waktu ibadah umat Islam adalah kentongan, hanya saja bunyi kentongan sering menghasilkan banyak pengertian panggilan. Karena ketika ada malingpun kentongan juga dibunyikan. Maka untuk membedakannya dibuatlah bedug sebagai pasangannya.Lambat laun perpaduan bunyi antara kentongan dan bedug yang harmonis inilah kemudian melahirkan sebuah kebiasaan baru di masyarakat pandeglang untuk menjadikannya sebuah pertunjukan seni pukul bedug.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Penamaan kesenian ini diambil dari kata “saman” berarti delapan yang pada awalnya merupakan tarian terdiri atas delapan orang penari. Dikatakan Dzikir Saman karena dzikir ini pertama kali diperkenalkan oleh Syeh Saman dari Provinsi Aceh. Kesenian ini disebut juga dzikir maulud karena didalamnya disenandungkan syair-syair yang mengagungkan asma Allah swt. dan puji-pujian kepada Nabi Muhammad saw. yang terkumpul dalam kitab Barjanji (sejarah kelahiran Nabi Muhammad saw). Kesenian Dzikir Saman penyebarannya merata di wilayah Provinsi Banten, kecuali Tangerang. Sampai kini di Banten memiliki 22 perkumpulan dengan jumlah para senimannya 330 orang.

Sejarah

benteng surosowan

Keraton Surosowan adalah sebuah keraton di Banten. Keraton ini dibangun sekitar tahun 1522-1526 pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin, yang kemudian dikenal sebagai pendiri dari Kesultanan Banten. Saat ini bangunan di dalam dinding keraton tak ada lagi yang utuh. Hanya menyisakan runtuhan dinding dan pondasi kamar-kamar berdenah persegi empat yang jumlahnya puluhan. Keraton Surosowan ini memiliki tiga gerbang masuk, masing-masing terletak di sisi utara, timur, dan selatan. Namun, pintu selatan telah ditutup dengan tembok, tidak diketahui apa sebabnya. Pada bagian tengah keraton terdapat sebuah bangunan kolam berisi air berwarna hijau, yang dipenuhi oleh ganggang dan lumut. Di keraton ini juga banyak ruang di dalam keraton yang berhubungan dengan air atau mandi-mandi (petirtaan). Salah satu yang terkenal adalah bekas kolam taman, bernama Bale Kambang Rara Denok. Ada pula pancuran untuk pemandian yang biasa disebut “pancuran mas”.

kaibon

Kawasan Banten Lama di Kabupaten Serang banyak meninggalkan bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Salah satu bangunan yang masih tersisa adalah Keraton Kaibon yang terletak di Kampung Kroya, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen. Keraton kaibon menjadi salah satu bangunan cagar budaya Provinsi Banten yang menyimpan cerita kejayaan Kerajaan Banten Lama.

Dibangun pada tahun 1815, keraton ini menjadi keraton kedua di Banten setelah Keraton Surosowan. Berbeda dengan Keraton Surosowan, sebagai pusat pemerintahan, Keraton Kaibon dibangun sebagai tempat tinggal Ratu Aisyah. Hal ini dikarenakan Sultan Syafiudin sebagai Sultan Banten ke 21 saat itu usianya masih 5 tahun. Nama Kaibon sendiri dipastikan diambil dari kata keibuan yang memiliki arti bersifat seperti ibu yang lemah lembut dan penuh kasih sayang.

  • Wisata Religi

wisatareligidibantenlama

Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi para peziarah yang datang tidak hanya dari Banten dan Jawa Barat, tapi juga dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Masjid ini dikenali dari bentuk menaranya yang sangat mirip dengan bentuk sebuah bangunan mercusuar. Masjid ini dibangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama dari Kesultanan Banten.

Gunung Santri

Gunung santri merupakan salah satu bukit dan nama kampung yang ada di Desa Bojonegara Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang Daerah ini berada di sebelah barat laut daerah pantai utara 7 Kilometer dari Kota Cilegon.

Letak gunung santri berada ditengah dikelilingi gugusan gunung-gunung yang memanjang dimulai dari pantai dan berakhir pada gunung induk yaitu gunung gede. Di puncak gunung santri terdapat makan seorang wali yaitu Syekh Muhammad Sholeh, jarak tempuh dari kaki bukit menuju puncak bejarak 500 M hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

  • Wisata Kuliner

rabeg banten

Ikon makanan tradisional khas Banten adalah rabeg . Rabeg adalah makanan yang terdiri dari daging dan jeroan kambing bercita rasa gurih manis dengan segarnya serai, daun jeruk bersama rempah pala, cengkeh dan kayu manis. Konon, rabeg adalah makanan atau hidangan untuk para sultan, namun saat ini rabeg sudah menjadi menu khas masyarakat. Bahkan, setiap kali ada acara pernikahan, khitanan, dan sebagainya, rabeg selalu dijadikan menu utama. Makanan khas ini pun dijual kala ada acara tontonan tradisional warga, seperti ubrug, wayang, dan jaipongan.

sate-bandeng

Berkunjung ke wilayah Banten rasanya belum lengkap tanpa merasakan kelezatan sate bandeng. Konon, masakan ini merupakan ide dari Sultan Banten pada abad ke-16 yang ingin menyajikan masakan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Olahan ini juga menghilangkan rasa asli ikan bandeng dan tergantikan oleh bumbu-bumbu gurih. Sate bandeng bisa disantap dengan nasi tanpa harus menambahkan bumbu sambal seperti sate lainnya. Hingga saat ini, menu masakan ini masih tetap digemari oleh masyarakat Banten. Hal ini terlihat pada banyaknya warga Banten yang masih menyajikan sate Bandeng pada acara perayaan hari-hari besar, upacara pernikahan, maupun acara hajatan lainnya.

nasi sumsum

Nasi bercampur sumsum tulang kerbau ini merupakan makanan khas Banten. Nasi sumsum dimasak dengan cara dibakar sehingga menghasilkan aroma serta cita rasa istimewa yang dapat membangkitkan selera makan. Yang menjadi ciri khas nasi sumsum tersebut adalah pengolahannya yang masih sangat alami di mana bumbu untuk makanan ini masih tetap ditumbuk. Alasannya sederhana, supaya bumbu yang menyatu dalam nasi dan bumbu terasa alami. Nasi sumsum biasanya dihiasi ketimun dan sisiran tomat. Agar lebih nikmat, biasanya nasi sumsum ditemani sate lidah kerbau atau otak-otak. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih dijual di beberapa rumah makan di Serang.

ketan bintul

Ketan bintul adalah sajian ketan berbungkus daun pisang yang dinikmati dengan serundeng kelapa. Nasi ketannya diolah dengan cara dikukus, kemudian dimasukkan ke dalam wadah. Saat akan disajikan, ketan dipotong persegi. Rasa ketannya legit gurih. Penganan ini paling enak disantap ditemani teh atau kopi. Dahulu, makanan ini hanya ada di bulan Ramadhan sebagai menu buka puasa. Namun, sekarang sudah menjadi menu sarapan sehari-hari.

pecak bandeng

Pecak bandeng diolah dengan cara membakar bandeng segar. Yang istimewa dari pecak bandeng adalah sambal yang dicampur langsung dengan ikan bandeng yang telah dibakar. Tidak hanya warga dari Serang, warga dari luar Banten juga memburu makanan itu terutama di akhir pekan.

laksa-tangerang

Rasa laksa Kota Tangerang yang khas dan berbeda dibandingkan laksa kota lainnya juga menjadi target banyak wisatawan daerah maupun sejumlah wisatawan asing untuk mencobanya. Dilengkapi dengan tambahan telur rebus atau daging ayam menambah kelezatan saat menikmatinya.

nasi belut

Di Kota Serang, belut menjadi makanan favorit dan diolah dalam bentuk potongan-potongan kecil kering yang disajikan dengan campuran bumbu rempah. Sebelumnya, belut yang akan digoreng dibersihkan, diambil jeroannya kemudian dikeprek. Inilah yang membuat tulangnya empuk. Kemudian belut dipotong kecil-kecil dan diberi bumbu. Setelah 15 menit, belut digoreng. Selain gurih, masakan ini terasa lebih lezat karena belut goreng ini disertai dengan bumbu rempah.

Demikianlah beberapa referensi wisata yang terdapat di Banten, keanekaragaman yang ada di daerah ini memang layak untuk dijelajahi dan dieksplorasi. Jadi, tidak salah kalau banyak orang mengatakan bahwa Banten adalah ‘A little piece of heaven’.

Tinggalkan komentar